8 Aspek untuk Mendapatkan Klien Baru Dibidang Jasa Pembuatan Web

Menemukan klien tidaklah mudah, sedangkan seorang pekerja web butuh project untuk mendapatkan penghasilan, khususnya freelancer bahkan untuk perusahaan pembuat web sekalipun pasti ingin mendapatkan klien baru.

Baru-baru ini Majalah Net Magazine melaksanakan polling lewat twiter miliknya yang menanyakan tentang cara mendapatkan klien baru tersebut. Berdasarkan pengalaman langsung voters, berikut adalah cara mereka mendapatkan klien dan persentase pemilihnya, fokusnya adalah mendapatkan klien dibidang jasa pembuatan web dan desain.

 32% Dari Mulut Ke Mulut

Cara tempuh paling tradisional  yaitu dari mulut ke mulut ternyata masih menjadi nomor satu dan menjadi cara paling ampuh untuk mendapatkan klien baru menurut para voters dengan jumlah pemilih sebanyak 32%. Dengan melakukan pekerjaan sebaik-baik nya, dan membuat klien menjadi senang dengan hasilnya, dari sini mulut klien itu bisa menjadi media promosi ke orang lain dan rekan dari klien anda tersebut.

26% Meminta Klien Lama Untuk Merekomendasikan Anda dan Skill Anda.

Klien yang merasa senang dengan hasil yang dikerjakan oleh anda tentu bisa menjadi fans terbaik anda, dia bisa secara otomatis merekomendasikan anda seperti cara mulut kemulut diatas, namun tidak semua klien secara otomatis melakukannya, bisa jadi klien lupa atau tidak berfikir kesana, jadi anda boleh saja meminta mereka untuk merekomendasikan anda dan pekerjaan anda kepada rekannya.

14% Menawarkan Bantuan Secara Gratis dan Beri Masukan.

Dengan memberikan percobaan secara gratis berkaitan dengan servis dan keahlian anda bisa menjadi cara yang jitu, memberikan bantuan secara gratis untuk pertama kali juga bisa dilakukan, selanjutnya jika klien puas maka kemungkinan besar dia akan menggunakan jasa anda lagi dan tentu selanjutnya tidak akan gratis lagi.

10% Menulis Post di Blog

Dengan menuliskan post di blog mengenai hal yang berhubungan dengan skill dan kemampuan serta passion anda. Anda bisa menarik orang lain yang membaca blog tersebut yang lambat laun bisa menjadi klien anda. Jadi jangan sepelekan kegiatan menulis di blog.

7% Perbaharui atau Tingkatkan SEO Website Anda

Jika orang lain tidak bisa menemukan anda, bagaimana mereka bisa mempekerjakan anda. Oleh karena itu lakukan beberapa pekerjaan tambahan untuk menganalisa dan meninjau kembali SEO dari website  milik anda, pastikan website anda mudah ditemukan oleh di mesin pencari.

7% Menulis Publikasi

Menulis publikasi secara online maupun offline dapat membentuk persepsi bahwa anda adalah seorang ahli di bidang tertentu dan terkadang hal tersebut juga bisa menghasilkan uang karena mendapat bayaran. Publikasi yang anda keluarkan bisa menarik minat orang lain untuk menggunakan kemampuan anda dalam proyek yang mereka kerjakan

4% Menulis Sebuah Ebook

Tunjukan kepada sekitar anda bahwa anda menguasai subjek yang anda pilih dengan menulis karangan/buku. Jika perlu mungkin anda bisa memberikan buku itu secara gratis. Fokusnya bukan menjual buku, namun untuk membuat orang lain tahu bahwa anda bisa dan tentu saja tujuan akhirnya agar pembaca buku bisa menjadi klien dikemudian hari.

1% Membuat Kursus Online

Membuat kursus secara online tentu akan menimbulkan persepsi dimata orang lain bahwa anda menguasai apa yang anda ajarkan kepada orang lain. Jika anda ingin mendapatkan klien di bidang jasa pembuatan web, maka cobalah membuat kursus online gratis tentang pembuatan web sederhana. Ingat selalu tujuannya selain ingin membagikan ilmu juga sebagai promosi bahwa anda memiliki skill dan siap untuk mengerjakan proyek baru

Kesimpulannya, jika ingin mendapatkan klien baru anda bisa melakukannya dengan menanamkan di otak orang-orang bahwa anda adalah spesialis dibidang tertentu

 

 

 

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.