Pentingnya Sebuah Kemasan Produk Dalam Pemasaran

Branding adalah suatu cara untuk memperkenalkan objek tertentu pada sesorang. Bila objek tersebut adalah sebuah produk, maka branding adalah suatu cara untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Kemasan atau packaging berhubungan erat dengan branding suatu produk. Kemasan sebuah produk adalah salah satu unsur yang dapat mempengaruhi penjualan dan minat konsumen pada produk.

Sebagian besar pengusaha memiliki persepsi bahwa kualitas sebuah produk dan cara pemasaran  lebih penting untuk menaikkan jumlah penjualan, dibandingkan berfokus pada kemasan produk. Sebenarnya kualitas produk, pelayanan, pemasaran dan kemasan saling bekerjasama untuk mendukung pengaruh penjualan produk. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk dengan kualitas yang bagus akan memiliki banyak peminatnya. Kemasan suatu produk inilah yang perlu dipikirkan sebagai bagian dari strategi pemasaran.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan kemasan produk, seperti fungsi, manfaat dan strategi marketing.

Fungsi

Fungsi utama kemasan adalah untuk melindungi produk dari goresan atau benturan yang dapat mengakibatkan produk menjadi cacat atau rusak. Selain itu kemasan produk tidak hanya melindungi produk ketika proses pendistribusian tetapi juga saat produk berada di toko.

Daya Tarik

Banyak perusahaan yang melakukan riset awal untuk mengetahui tentang skema warna, desain, maupun jenis pada sebuah kemasan produk yang akan dipasarkannya. Hal ini dilakukan supaya tingkat pemasaran produk lebih luas. Jika produk yang ingin dijual dapat menarik minat pembeli, maka desain kemasan harus dibuat tepat sesuai dengan sasaran target yang dituju.

Promosi

Kemasan produk berperan penting dalam menyampaikan informasi produk seperti, manfaat, kegunaan, tagline, maupun cara pembuatan. Semua dicantumkan pada desain kemasan agar pembeli mengetahui tentang manfaat dari produk dan yang terpenting semua informasi harus disortir terlebih dahulu agar desain kemasan tidak terlalu banyak memuat informasi yang mengakibatkan pembeli menjadi jenuh untuk melihat desain.

Mendukung keputusan Berbelanja

Sebagai pemilik produk,desain kemasan bebas dicantumkan informasi apapun yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk. Akan tetapi, informasi tersebut tidak boleh terlalu berlebihan.

Diferensiasi

Kemasan juga dapat dijadikan sebagai identitas bagi sebuah produk, contohnya terdapat produk A dan B pada sebuah toko, kedua produk tersebut memiliki fungsi dan rasa yang hampir sama, tetapi salah satu dari produk tersebut memiliki desain kemasan yang unik. Sebagian konsumen akan segera memilih produk dengan desain kemasan yang berbeda dari kebanyakan meskipun fungsi dan rasa yang dimiliki hampir sama.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.